get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa Sosialisasi di SWK Bratang, 32 Pedagang Langsung Daftar

10 Makanan Khas Ngajuk yang Patut Dicoba, Ada Onde-Onde Ketawa hingga Kerupuk Upil

Minggu, 03 Juli 2022 | 10:15 WIB
header img
Ada 10 oleh-oleh khas Nganjuk yang paling populer. Kabupaten di Jawa Timur ini memiliki beragam tempat wisata hingga kuliner khas

3. Onde-onde Ketawa

Salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang tak boleh Anda lewatkan adalah onde-onde ketawa. Meskipun namanya cukup unik, namun saat memakannya Anda bukan berarti langsung tertawa.

Teksturnya renyah serta rasa yang manis dan gurih. Disebut onde-onde ketawa karena bentuknya yang mirip dengan gestur ketawa manusia. Onde-onde yang satu ini dibuat menggunakan berbagai bahan seperti tepung terigu, baking powder, soda kue, gula pasir, telur, dan juga wijen

4. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk menjadi salah satu makanan yang populer, dan banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Nganjuk. Tak jarang makanan satu ini dipilih sebagai oleh-oleh khas kabupaten di Jatim ini.

Sekilas mirip lontong, namun tetap saja beda. Cara pembuatannya yaitu dengan memasukkan beras ke dalam daun pisang yang telah dibentuk, kemudian diolah dengan cara dikukus hingga matang. Tepo biasa dihidangkan bersama dengan tahu, kacang panjang rebus, dan kecambah.

5. Sate Kenul

Sate Kenul juga menjadi salah satu makanan di Nganjuk yang sayang untuk Anda lewatkan. Juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Nganjuk yang banyak diburu oleh wisatawan. Sate ini dibuat dengan bahan utama daging kambing, diberi tambahan bumbu kelapa muda parut, cabai, dan gula pasir.

Untuk menikmati kuliner satu ini, Anda dapat datang ke Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen, Nganjuk. Rasanya yang lezat menjadikan makanan yang satu ini sangat disukai oleh semua kalangan.

6. Batik Nganjuk

Setelah memborong makanan, oleh-oleh khas Nganjuk selanjutnya adalah batik. Memiliki ciri khas tersendiri, yakni bermotif monumen Nganjuk, ladang dan motif stupa menjadi pilihan motif khasnya.

Anda bisa mendapatkan batik khas Nganjuk ini di sejumlah toko oleh-oleh. Batik tersebut bisa dikenakan saat acara formal maupun non formal.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut