get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Gubernur Lakukan Rotasi Guru hingga Kepala Sekolah di Jawa Timur, Ini Sebabnya

Selasa, 06 Desember 2022 | 12:13 WIB
header img
Kepala Cabdindik Jatim Wilayah Surabaya Sidoarjo Lutfi Isa Ansory (Kiri) Serah Terima Jabatan Kepala SMAN 3 Surabaya lama Ke Sunawan Hadi Santoso, S.Pd, M.Pd Kepala SMAN 3 Surabaya Yang Baru (Kanan). Foto iNewsSurbaya.id

Syarat yang harus dipenuhi. Seperti golongan, masa kerja guru sesuai dari Permendikbud minimal 3C sarat kepangkatan (atau paling lama minimal 10 tahun pengabdian) begitu diangkat 3A atau 3B. Kemudian prestasi calon kepala sekolah akan menjadi nilai plus. 

Dengan adanya pengukuhan dan pelantikan Gubernur, lanjutnya, maka semua satuan pendidikan SMA/SMK negeri di Surabaya-Sidoarjo telah terisi kepala sekolah definitif secara keseluruhan. 

"Kita berharap kepala sekolah definitif yang mulai hari ini, (per 5 Desember) menempati penempatan sekolah baru segera menyesuaikan diri dengan tempat tugas baru. Setelah konsolidasi dan koordinasi untuk menghadapi tugas-tugas yang baru," tegas Lutfi

Salah satunya guru SMAN 3 Lamongan  telah menjadi kepala sekolah definitif SMAN 3 Surabaya,Sunawan Hadi Santoso, S.Pd, M.Pd,mengaku ada beberapa proses yang harus dituntaskan oleh calon kepala sekolah. Diantaranya seleksi administrasi (pemberkasan),masa kerja menjadi guru,seleksi tertulis dan wawancara. 

"Mereka yang lolos termasuk saya  kemudian mengikuti diklat di LPPKS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah) Kemdikbud Ristek di Solo. Jika dinyatakan lulus cakep akan punya sertifikat sebagai kepala sekolah dan dilantik," jelasnya.

Terkait program dan inovasinya di SMAN 3 Surabaya, Sunawan telah menyiapkan beberapa program. Diantaranya dengan memperkuat sinergitas guru dan murid.

"Tentunya butuh waktu dan pendekatan, langkah pertama observasi dan melanjutkan program yang sudah ada, menyatukan visi dengan seluruh stake holder. Jika memungkinkan dan SDM ada kita laksanakan sekolah riset guna peningkatan kualitas pendidikan. Karena sesuai arahan Kemdikbud bagaimana sekolah mencreate ketrampilan siswa," tegasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut