get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

Catat Tarif Listrik yang Tak Naik, Ini Data Dirjen ESDM Berikut Keputusannya

Kamis, 29 Juni 2023 | 06:56 WIB
header img
Daftar Tarif Listrik yang Tak Naik, Dirjen ESDM telah mengeluarkan keputusan untuk diberlakukan Juli. Foto iNewsSurabaya/Okezone

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Masyarakat ketar-ketir dengan kabar kenaikan tarif listrik, karena ekonomi masih belum stabil. Saat masyarakat membutuhkan informasi, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikan tarif listrik nonsubsidi dan juga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

Keputusan ini bakal diberlaku pada 1 Juli hingga akhir September 2023. Bagi masyarakat yang memiliki usaha UMKM bisa bernafas lega, karena peluang untuk berusaha bisa dilakukan. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutajulu menyampaikan, untuk pelanggan sosial, rumah tangga kecil, bisnis kecil, industri kecil, dan termasuk yang peruntukan listriknya bagi Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) yang termasuk ke dalam 25 golongan pelanggan bersubsidi tidak mengalami perubahan dan tetap diberikan subsidi listrik.

Sedangkan tarif listrik nonsubsidi juga tidak naik. Hal ini diputuskan setelah memperhatikan indikator-indikator yang ada, secara perhitungan tarif tenaga listrik golongan pelanggan nonsubsidi semestinya mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tarif pada triwulan II 2023.

"Untuk menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri, Pemerintah memutuskan tarif triwulan III-2023 adalah tetap," jelas Jisman.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut