get app
inews
Aa Read Next : Sudah Makan Banyak Tapi Gak Bisa Gemuk, Resep dari Atta Halilintar Gemukfit Bisa Dicoba

Hak Pasien (Konsumen) Terkait Informasi Obat

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 13:58 WIB
header img
KRT. Sudarmono S,H.,M.H. Praktisi Hukum dan apt. Primadi Avianto, M.Farm.Klin. Apoteker Praktisi Apotek (Community Pharmacist).

Dalam hal pasien menerima obat, maka sebelumnya perlu diberikan penjelasan mencakup nama obat, dosis, penggunaan yang benar, dan efek samping yang mungkin timbul. Obat yang diberikan pada pasien juga mestilah obat yang telah memiliki izin edar, dalam hal ini otoritas ini diemban BPOM, dan obat yang diserahkan diberi label informasi yang lengkap dan benar. Sebab perbedaan kondisi dan perbedaan pasien dapat menyebabkan suatu obat perlu disesuaikan dosisnya, maka terkadang obat diberikan tambahan label selain label bawaan pabriknya, seringkali label ini disebut etiket obat. 

Namun perlu dicatat, penambahan label ini bukan bermaksud menutupi atau mengaburkan informasi bawaan pabriknya. Etiket tambahan ini disiapkan oleh tenaga farmasi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai identitas obat maupun pasien, tanggal penyiapan dan dosis atau cara pakainya. 

Tak jarang pula diberikan penjelasan tambahan mengenai masa pakai obat, misalnya pada obat jenis antibiotik dalam berbentuk sirup kering, yakni sirup yang perlu dicampur air sebelum digunakan, yang mana sirup kering antibiotik ini lazimnya hanya dapat digunakan 7-14 hari semenjak dibuka dan dicampur air, sedemikian hingga tanggal kedaluwarsanya sudah tidak mengacu lagi pada tanggal yang ditampilkan oleh pabriknya.

Dalam hal label dari pabrik tertutupi oleh etiket tambahan, maka tidak menjadi penghalang bagi pasien untuk memperoleh informasi yang utuh mengenai obat yang diterimanya. Oleh karena itu, adanya temuan obat-obat yang beredar tanpa kejelasan label ini sejatinya meresahkan dan mengkhianati hak pasien memeroleh informasi yang jujur dan lengkap. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut