get app
inews
Aa Read Next : GP Ansor Jatim Bahas Peluang Kerja Sama dengan Konjen Australia di Surabaya

Mengulik Hubungan Bilateral Indonesia dan India

Sabtu, 27 Januari 2024 | 15:06 WIB
header img
Perdana Menteri Narendra Modi dan Presiden Joko Widodo pada KTT Pemimpin G20 yang diadakan di New Delhi, India pada 9-10 September 2023. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Hubungan Indonesia dan India sudah berjalan begitu lama. Pada 26 Januari 2024, India merayakan Hari Republik India ke-75. Sebagaimana Indonesia, India merupakan negara demokratis. 

"Sebagai sesama negara demokrasi, kita terhubung, memahami dan menghargai satu sama lain dengan berbagai cara," kata Sandeep Chakravorty, Duta Besar India untuk Indonesia, melalui siaran terlulisnya, Sabtu (27/1/2024).

Sandeep Chakravorty mengatakan, tahun ini India dan Indonesia sama-sama melaksanakan pemilu. "Kita akan menyaksikan perayaan demokrasi kita secara penuh dan penuh kejayaan," kata dia.

"Bagi kami orang India, Hari Republik adalah tonggak sejarah demokrasi yang penting. Hal ini memungkinkan negara untuk melihat pencapaiannya dan memperkuat rencananya untuk “Amrit Kaal”, sebuah periode transformasi nasional besar-besaran yang akan mengarah pada “Viksit Bharat” atau India maju pada tahun 2047," lanjutnya.

Sandeep bilang, Bagi India, 75 tahun terakhir merupakan kisah pencapaian karena negara ini tidak hanya kokoh dalam membangun kredibilitas demokrasinya, namun juga memberikan hasil pembangunan kepada rakyatnya.

Dia mengungkapkan, India sedang melangkah maju dengan lintasan pertumbuhan yang mengesankan dan pengakuan global atas apa yang telah dicapai India. 

Presidensi G-20 India pada tahun 2023 dengan tema ‘One Earth, One Family, One Future’ (‘Satu Bumi, Satu Keluarga, Satu Masa Depan’) berdasarkan filosofi India ‘Vasudhaiva Kutumbakan’, seluruh dunia adalah sebuah keluarga, bergema secara luas baik di negara-negara maju maupun di negara-negara Global South.

Agendanya bersifat inklusif, ambisius, berorientasi pada tindakan dan tegas yang terbukti dengan diterbitkannya ‘Deklarasi Delhi’ yang mampu menjembatani kesenjangan geo-politik di dunia yang semakin terpolarisasi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut