get app
inews
Aa Read Next : GP Ansor Jatim Bahas Peluang Kerja Sama dengan Konjen Australia di Surabaya

Mengulik Hubungan Bilateral Indonesia dan India

Sabtu, 27 Januari 2024 | 15:06 WIB
header img
Perdana Menteri Narendra Modi dan Presiden Joko Widodo pada KTT Pemimpin G20 yang diadakan di New Delhi, India pada 9-10 September 2023. Foto/Istimewa

Bagi India sendiri, laut adalah jembatan, medium, bukan penghalang. Perdana Menteri Modi, dalam kunjungannya ke Bali pada tahun 2022, dengan tepat menggambarkan perjalanan bilateral tersebut dengan mengatakan, “Gelom- bang laut yang sangat besar telah membuat hubungan antara India dan Indonesia tetap hangat dan tidak kenal lelah".

"Hubungan kami tetap bertahan seperti gelombang itu,” ucapnya. 

Kebijakan Act East’ dan ‘Inisiatif Lautan Indo-Pasifik India menegaskan kembali pentingnya Pandangan ASEAN mengenai Indo- Pasifik untuk menjamin perdamaian dan pembangunan di kawasan ini, dan Indonesia adalah mitra terkuat India di kawasan ini. 

"Visi Bersama tentang Kerjasama Maritim di Indo-Pasifik antara India dan Indonesia" yang disetujui oleh PM Modi dan Presiden Jokowi pada tahun 2018, menjadi peta jalan kerjasama.

"Kita bekerjasama untuk mening- katkan pembangunan infrastruktur regional dan beberapa ide baru termasuk penerbangan langsung dan layanan peti kemas langsung baru, penyelesaian mata uang lokal, Inisiatif Konektivitas Andaman-Aceh, investasi India di bandara Kualanamu, Medan adalah contoh momentum baru dalam hubungan bilateral kita," ujarnya. 

Menurut Sandeep Chakravorty, tahun 2024 adalah tahun yang penting dalam hubungan persaha- batan antara kedua negara karena kita memperingati 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik. 

Sepanjang tahun, Kedutaan Besar India di Jakarta bersama dengan Konsulat Jenderal di Medan dan Bali akan menyeleng- garakan beberapa acara dan kegiatan untuk menyoroti kuatnya hubungan bilateral.

Menjadi mitra dekat di kawasan ini dan di tingkat internasional, India dan Indonesia dapat berubah menjadi kekuatan global, memanfaatkan pasar domestik mereka yang luas, angkatan kerja muda dan mahir secara teknologi, dan kelas menengah yang terus ber- tambah.

"Tahun 2024 telah memberi kami kesempatan lagi untuk menegaskan kembali komitmen kami untuk berkontribusi terhadap tujuan kemi- traan kita," katanya.

Sebagai dua negara demokrasi yang berwawasan ke depan, didorong oleh ambisi nasional dan perekonomian yang kuat yang didukung oleh demografi kaum muda, baik India maupun Indonesia akan memperoleh keuntungan dengan memperkuat dan mendukung kemampuan satu sama lain untuk mewujudkan kemitraan yang saling menguntungkan.

"Kami sangat bangga merayakan Hari Republik ke-75 dan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik kami dengan mitra demokratis lainnya, Indonesia. Jai Hind! Dirgahayu Indonesia!" tutupnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut