get app
inews
Aa Read Next : Nenek Penjual Gorengan Divonis 5 Tahun Penjara Gegara Simpan 17 Kilogram Ganja

Jatim Raih Rekor Nasional Penyumbang Kasus Narkoba Terbesar Kedua, Ini Data Resmi BNNP

Rabu, 26 Juni 2024 | 14:22 WIB
header img
Catat, Jatim jadi Penyumbang Kasus Narkoba Terbesar Kedua. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Jawa Timur mencatatkan rekor nasional sebagai penyumbang kasus narkoba terbesar kedua di Indonesia. Fakta mengejutkan ini terungkap dari data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur. 

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo, mengungkapkan bahwa setiap tahun, jumlah kasus narkoba di Jawa Timur mencapai 5.000-6.000 kasus, menjadikannya provinsi dengan kasus narkoba tertinggi kedua di Indonesia.

BNNP Jatim telah mengambil berbagai langkah untuk memerangi masalah ini. Dalam periode Januari hingga Juni 2024, mereka telah membentuk 71 Desa/Kelurahan Bersinar yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan masyarakat terhadap penyalahgunaan narkotika. 

Aris menjelaskan bahwa bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat telah mengadakan kampanye Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang melibatkan 8.711 peserta, serta program deteksi dini tes urine di berbagai lingkungan dengan total 21.885 peserta.

Dalam upaya rehabilitasi, BNNP Jatim mengedepankan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). “Di BNNP Jatim telah terbentuk 36 unit IBM yang seluruhnya dalam fase tumbuh, dan terdapat 45 lembaga rehabilitasi yang telah menjalin kerja sama dengan BNN Provinsi Jatim,” kata Aris saat menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Gedung Kesenian Cak Durasim, Surabaya pada Rabu (26/6/2024).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut