get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah Surabaya 17 Maret 2024, Waktu Sahur Tepat untuk Warga Surabaya dan Sekitarnya

UPN Veteran Jawa Timur Dorong Urban Farming di Gunung Anyar, Solusi Ketahanan Pangan Kota Surabaya

Rabu, 11 September 2024 | 14:22 WIB
header img
UPN Veteran Jawa Timur Dorong Urban Farming di Gunung Anyar yang jadi Solusi Ketahanan Pangan Kota Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur terus menunjukkan komitmennya dalam pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, tim dosen dari UPN “Veteran” Jatim turun langsung ke Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, untuk menggelar Pelatihan Terpadu Urban Farming, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memanfaatkan lahan sempit di perkotaan guna menciptakan ketahanan pangan dan penghijauan.

Dipimpin oleh Dr. Gyska Indah Harya, SP., M.Agr, dosen Agribisnis UPN Jatim, pelatihan ini berlangsung pada akhir Agustus 2024. Bersama empat anggota timnya, yakni Dr. Ir. Wanti Mindari, MP, Dr. Taufik Setyadi, MP, Siti Mukaromah, S.Kom, M.Kom, dan Cholid Fadil, M.Pdi, mereka tak hanya berbagi ilmu, tetapi juga memperkenalkan teknologi yang mampu mengubah tantangan menjadi peluang.

"Urban farming atau pertanian perkotaan adalah konsep yang memadukan pertanian, perikanan, dan peternakan di lahan yang terbatas," jelas Dr. Gyska. 

"Dalam situasi berkurangnya lahan hijau dan meningkatnya polusi di perkotaan, urban farming bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalahan, termasuk ketahanan pangan dan kualitas udara." lanjutnya. 

Dr. Gyska menekankan pentingnya intensifikasi lahan di tengah tingginya kebutuhan oksigen dan pangan akibat pertumbuhan populasi. Urban farming menawarkan solusi inovatif bagi masyarakat perkotaan yang ingin bercocok tanam di lahan sempit sembari berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

Dalam kegiatan ini, tim dosen UPN Jatim bekerja sama dengan warga setempat, memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk ditanami sayuran, rempah-rempah, dan tanaman obat. "Urban farming tidak hanya sekadar menambah pasokan oksigen, tapi juga memperindah tata kota dan mendukung keberlanjutan ekologi," tambah Dr. Gyska.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut