Telan Pil Pahit Masa Lalu, Unipra Surabaya Bertekad Jadi Kampus Bermartabat

Ali Masduki
Rektor Unipra Surabaya Dr Bachrul Amiq (tengah) bersama mahasiswanya. Unipra terus berbenah pasca mendapat sanksi administratif dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Ristek. Foto/iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SOP Anti Plagiarisme

Salah satu yang menjadi temuan Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) di Unipra adalah plagiat tugas akhir atau tesis. Untuk memperbaikinya, Unipra membuat Standard Operating Procedure (SOP) Anti Plagiarisme. Kampus menyiapkan perangkat Lunak Anti Plagiarisme.

Penataan Dosen

Bachrul Amiq mengungkapkan, dari hasil penulusuran didapati nama-nama sejumlah dosen yang sudah tidak aktif mengajar namun nama tersebut masih tecantum. 

Sehingga pihaknya melakukan penataan terhadap data-data dosen. Bahkan Unipra juga membuka lowongan bagi dosen muda yang mau mengabdi di Unipra.

"Kami ingin ada dosen-dosen muda yang inovatif dan mau berjuang bersama untuk kemajuan Unipra," ujarnya.

Laporan Keungan Akuntabel

Kampus yang memulai kegiatan akademisnya pada tahun 1985 ini juga memperbaiki sistem keuangan. Karena selama ini laporan keuangan dianggap kurang akuntabel. Untuk itu, Unipra berkomitmen membuat sistem keuangan berbasis anggaran, sehingga keluar masuknya keuangan tercatat dengan rapi.

Peningkatan Kegiatan Mahasiswa

Meski baru menjabat sebagai rektor di Unipra pada Juli lalu, Bahrul Amiq sudah berpengalaman menjadi rektor di kampus lain dan berhasil membuat kampus tersebut kembali harum. Salah satu strateginya adalah mendukung aktifitas mahasiswa.

Menurutnya, geliat kegiatan mahasiswa menjadi potret kualitas sebuah kampus. Sehingga kinera kemahasiswaan harus mendapat dukungan agar terus meningkat.

SOP Transfer Mahasiswa

Untuk menghindari penyalahgunaan wewenang, Bahrul Amiq membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang mekanisme tranfer mahasiswa. Hal itu dilakukan lantaran selama ini ada yang menganggap bahwa Unipra adalah salah satu kampus rujukan para pencari ijazah dengan cara cepat melalui mekanisme transfer.

"Dengan adanya SOP ini maka mahasiswa transfer bisa menjalani proses kuliah sesuai aturan akademik," ucapnya.

Dengan adanya perbaikan ini, Amiq berharap kedepan Unipra bisa menjadi kampus yang bermartabat dan menjadi jujugan mahasiswa ekonomi menengah. Mengingat, Unipra sendiri adalah kampus swasta di kota Surabaya yang murah dibandingkan dengan kampus swasta lainnya.

"Kita ini adalah tempat masyarakat ekonomi sedang yang ingin merubah nasib dan mengenyam pendidikan sarjana," tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network