Mahasiswa Petra Jalankan Misi di Kampung Dolly

Ali
Perbaikan Plafon di RW 12 Kampung Dolly. Foto/PCU

COP merupakan program Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) PCU (Petra Christian University).

Selain di Kampung Dolly, kegiatan serupa juga digelar di sejumlah lokasi di Surabaya mulai 1 – 28 Mei 2023.  Sedikitnya 64 mahasiswa dari berbagai program/program studi di PCU menjalankan misinya ke tengah masyarakat, membantu permasalahan warga secara nyata.

Kepala LPPM PCU, Yusita Kusumarini menjelaskan COP atau sejenis KKN di Kota Surabaya kali ini mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat Paska Pandemi Covid-19.

"Tema ini mengajak mahasiswa bersama para warga menjadi agen pembawa perubahan yang bisa memberikan dampak positif di tengah masyarakat," ungkapnya.

Mengambil lima lokasi di Surabaya, para mahasiswa dibagi dalam kelompok dengan 12 hingga 13 orang tiap kelompoknya dengan didampingi oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Adapun lokasinya tahun 2023 ini adalah RW 05 Kelurahan Siwalankerto-Kecamatan Wonocolo, KRPL Serpis Kelurahan Jemurwonosari, Kecamatan Wonocolo, Kebon Jos Kelurahan Jemurwonosari-Kecamatan Wonocolo, RW 06 Keluyrahan Putat Jaya-Kecamatan Sawahan dan RW 12 Kelurahan Putat Jaya-Kecamatan Sawahan. 

Para mahasiswa ini mengerjakan berbagai proyek kegiatan fisik maupun non fisik. Kegiatan fisik antara lain pengecatan tembok, mural, perbaikan taman, pembangunan rumah Kompos, penataan ruang balai RW dan lain-lain.

Sementara itu kegiatan non fisik meliputi pelatihan pemanfaatan media social untuk promosi usaha kampung, penguatan UKM unggulan, pelatihan jiwa kewirausahaan, pelatihan kreativitas desain motif sablon, branding kampung atau UMKM dan lain-lain.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network