Dukung Capaian Target Netralitas Karbon, Sampoerna Pasang 10.550 Panel Surya di Pasuruan

Trisna Eka Adhitya
Dukung Capaian Target Netralitas Karbon, Sampoerna Pasang 10.550 Panel Surya di Pasuruan. Foto iNewsSurabaya/ist

PASURUAN, iNewsSurabaya.id – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna/IDX:HMSP) meresmikan 10.550 panel surya yang dipasang di atas tanah (ground-mounted solar panel) di kawasan fasilitas produksinya di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (01/12/2023). Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Sampoerna untuk mencapai target netralitas karbon di fasilitas produksinya pada tahun 2025. 

Inisiatif ini merupakan wujud nyata komitmen Sampoerna terhadap keberlanjutan lingkungan dalam rangka menciptakan nilai secara berkelanjutan di Indonesia, sejalan dengan prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka mewujudkan transformasi ekonomi hijau, antara lain melalui pencapaian net zero emissions dan pembangunan rendah karbon pada 2060.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara langsung meresmikan panel surya Sampoerna. Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan apresiasinya atas peran aktif Sampoerna dalam keberlanjutan lingkungan.

“Kami berterima kasih kepada Sampoerna atas komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan. Apa yang sudah dilakukan oleh Sampoerna merupakan sesuatu yang luar biasa. Semoga Sampoerna dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam konversi ke energi baru terbarukan,” jelas Khofifah. 

Dalam peresmian ini, turut dihadiri oleh Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan Andriyanto. Andriyanto mengucapkan selamat atas pemasanan panel surya yang dipasang di lahan seluas 7 hektar dengan kapasitas listrik sebesar 7 Megawatt peak (MWp) atau setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana. 

“Kami ucapkan selamat dan sukses Kepada Sampoerna yang berhasil membangun, mengoperasikan, dan memanfaatkan energi alam terbarukan dengan diresmikannya 10.550 panel surya hari ini. Hal ini merupakan bukti bahwa industri mampu berkembang dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Harapan kami, Sampoerna dapat menjadi contoh bagi industri lainnya,” ujar Andriyanto.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network