Polisi Air Temukan Ragam Serangga Hidup di Sungai Gogor Wonosalam, Petanda Ini!

Ali Masduki
Polisi Air melakukan pemantauan sungai Gogor, anak Sungai Brantas di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, Minggu (27/2/2022). (Foto: Ali Masduki)

Disisi lain, saat Polisi Air melakukan brand audit atau membuat daftar sampah plastik dari merk atau brand, ditemukan ratusan lembar sachet yang mencemari sungai.

"Kami menemukan 200 lembar sachet yang dibuang ke sungai. Dan lima brand terbanyak adalah PT WINGS, MARIMAS, UNILEVER, AJINOMOTO dan UNICHARM," kata dia.

Untuk diketahui, kegiatan pemantauan sungai Gogor tersebut merupakan kolaborasi antara Polisi Air dengan para pegiat lingkungan Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton). 

Pengamatan kesehatan sungai ini merupakan salah satu program mengawali Ekspedisi Sungai Nusantara 2022 yang dilakukan oleh Ecoton. 

Koordinator Ekspedisi Sungai Nusantara, Amirudin Mutaqien, kolaborasi dengan Polisi Air ini adalah contoh kegiatan yang akan dilakukan di 68 sungai di Indonesia. 

"Kami mengajak komunitas untuk melakukan pemantauan fisik dan kondisi sungai yang selanjutnya akan didorong membentuk komunitas dan advokasi mendorong pemerintah memperhatikan sungai," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network