Mengenal TALO atau Tale Olo Khas Bawean, Ikat Kepala Unik yang Jadi Budaya Rahasia Nenek Moyang

Arif Ardliyanto
Pulau Bawean, Gresik Jawa Timur memiliki budaya khusus yang belum pernah diketahui masyarakat umum yang ada di Indonesia.

GRESIK, iNews.id – Budaya merupakan karakter kuat suatu daerah. Pulau Bawean, Gresik Jawa Timur memiliki budaya khusus yang belum pernah diketahui masyarakat umum yang ada di Indonesia.

Pengasuh Pesantren Penaber Bawean, Gresik Jawa Timur,  Kiai Mustafa (Kiyai Alam) membeberkan budaya khas yang dimiliki Pulau Bawean. Tanda tradisi ini masih belum diketahui banyak orang, untuk itu perlu dikenalkan budaya-budaya lokal ke masyarakat umum.

“Butuh keterlibatan para tokoh untuk memperkenalkan tradisi dan budaya lokal kepada para generasi penerus, agar generasi kita tidak kehilangan identitas dan karakter aslinya,” ucapnya.

Tokoh Masyarakat Bawean ini menuturkan, salah satu budaya tersembunyi tersebut adalah TALO atau Tale Olo. Ia menerangkan, perlu adanya pelafalan akronim dari TALO sebagai Tale Olo. Pada kata Tale, fonem {e} hendaknya dibunyikan sebagai fenem taling seperti bunyi fonem {e} pada kata "nenek". Makna "Tale" adalah pengikat yang bersinonim dengan kata "tali" sebagai pengikat kepala.

Kepala merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat terhormat sehingga sebagian simbol-simbol kehormatan posisinya di atas kepala. Pola pikir dan nalar suatu bangsa terwakili oleh otak yang juga ada di dalam kepala.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network