get app
inews
Aa Read Next : Sepakat Damai, Delapan Gerai Es Krim Zangrandi Tiruan Akhirnya Ditutup, Legendanya Bakal Tetap Ada

Laporan Keuangan Pasar Semolowaru Merugi, LPMK Putus Kerja Sama dengan Koperasi Dadi Rukun

Sabtu, 16 Juli 2022 | 14:02 WIB
header img
LPMK memutuskan untuk menghentikan kerja sama dengan Koperasi Dadi Rukun yang selama ini melakukan pengelolaan pasar Semolowaru Surabaya.(Foto : Arif)

SURABAYA, iNews.id – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Semolowaru tak ingin keuangan Pasar Semolowaru terus merugi. LPMK memutuskan untuk menghentikan kerja sama dengan Koperasi Dadi Rukun yang selama ini melakukan pengelolaan pasar.

Penghentian kerja sama ini telah disepakati 11 RW dari 12 RW yang ada di Keluarahan Semolowaru, Surabaya. Bahkan, kesepakatan penghentian kerja sama ini juga tertuang dalam resume rapat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, yang dipandu Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah.

Tak main-main, dalam rapat yang dilakukan Selasa, 7 Desember 2021 diruang rapat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang, dihadiri Kejaksaan Negeri (Kejari) selaku JPN, dan Polrestabes Surabaya dari Reskrim, Badan Perencanaan pembangunan, Satpol PP hingg Bagian Hukum Pemkot.

Dalam pertemeuan tersebut disepakati, ‘Apabila sampai dengan tanggal 20 Desember 2021 belum ada penyelesaian permasalahan, maka akan dilakukan pengamanan tanah aset Pemerintah Kota Surabaya yang digunakan untuk Pasar Semolowaru (setelah masa sewa antara Pemkot dan Koperasi Semolowaru Dadi Rukun berakhir yaitu 31 Desember 2021).

LPMK yang menjadi kepanjangan tangan Pemkot Surabaya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja sama. Pasalnya, koperasi Dadi Rukun tidak bisa membuat pasar berkembang. Kondisi pasar tidak bertambah baik, justru menurun. Parahnya, keuangan Pasar Semolowaru selama di kelola koperasi terus mengalami kerugian.

“Saya ini heran, kenapa setelah dikelola Koperasi Dadi Rukun, justru keuangan mengalami kerugian. Padahal sebelumnya tidak begitu,” kata Ketua LPMK Kelurahan Semolowaru Surabaya, Noor Wibowo.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut