get app
inews
Aa Read Next : Tepis Isu di Masyarakat, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Kebutuhan

Menyingkap Masa Depan Subsidi dan Kompensasi BBM

Selasa, 28 Maret 2023 | 12:06 WIB
header img
Proses pengisian BBM di SPBU Pertamina Jemursari Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

Menanggapi opsi-opsi tersebut, Kardaya Warnika, menekankan yang paling penting adalah solusi yang diberikan harus sederhana dan kontinyu. Misal, dengan memanfaatkan data-data yang sudah ada di Kemensos, BPS, Bapennas, dan lainnya. Dari data tersebut dapat dilakukan plotting orang yang perlu disubsidi dan diberikan subsidi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sementara, Maompang Harahap, merespons opsi-opsi kebijakan dengan mengingatkan bahwa permasalahan BBM ini melibatkan beragam stakeholders sehingga merupakan isu yang sangat sensitif. 

"Masing-masing skenario disusun dan disiapkan dengan baik terutama dampak terhadap inflasi, namun tetap penguatan pengawasan di lapangan atas implementasi kebijakan menjadi poin yang sangat krusial," tegasnya.

Pada diskusi publik ini juga dibahas bagaimana potensi pemanfaatan teknologi seperti MyPertamina dalam pengawasan BBM Subsidi dan Kompensasi. Walaupun perkembangan MyPertamina cukup positif, namun masih terdapat sejumlah tantangan seperti adaptasi user, kesiapan infrastruktur, dan permasalahan teknis di lapangan. 

Selain itu, dalam diskusi tersebut juga ditekankan bahwa penerapan teknologi harus dijalankan secara konsisten dan didukung oleh penguatan regulasi sehingga kebijakan pengendalian konsumsi BBM dapat efektif


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut