Warga Lamongan Belajar Kelola Sampah di Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo

Arif Ardliyanto
Tingkatkan kepedulian pada sampai, sebanyak 60 Warga Lamongan Belajar Kelola Sampah di Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Kesadaran pengelolaan sampah mulai muncul dikalangan masyarakat. Sedikitnya 60 warga dari Desa Tritunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur melakukan kunjungan studi banding untuk melakukan pemilahan dan pengolahan sampah di Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo, pada hari Selasa tanggal 26 Desember 2023.

Rombongan terdiri dari anggota BPD, pengurus LPM, pengurus Tim Penggerak PKK, Petugas sampah serta seluruh Ketua RT dan RW Desa Tritunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Turut hadir mendampingi rombongan Camat Babat, Kab Lamongan, Johny Indrianto F. S. STP, M. Si dan Kepala Desa Tritunggal, Ahmad Mansur.

Ahmad Mansur Kepala Desa Tritunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan mengaku pihaknya sangat senang dapat berkesempatan melakukan study banding di lingkungan Kampung Edukasi Sampah ini. 

“Kami dapat belajar dan mendapatkan pengalaman secar langsung tentang pengelolaan sampah secara mandiri oleh warga, dengan memilah dan mengolah sampah mulai dari sumbernya yaitu warga,” kata Mansur

“Warga desa Tritunggal akan kami dorong untuk mempraktekkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan dalam hal pengelolaan sampah dan lingkungan di Kampung Edukasi Sampah ini,” ujarnya. 

Johny Indrianto F. S. STP, M. Si Camat Babat, Kab Lamongan, mengatakan bahwa dirinya hadir bersama warga untuk melakukan study banding atas bagaimana pengelolaan sampah yang telah dilakukan dengan baik di lingkungan warga Kampung Edukasi Sampah. 

“Saya telah melihat secara langsung bahwa di Kampung Edukasi Sampah ini telah memiliki mekanisme dan sistem pemilahan dan pengolahan sampah sehingga mampu memproduksi pupuk organik secara mandiri dengan memanfaatkan sampah yang dihasilkan warga, sehingga bisa menunjang lingkungan menjadi hijau dan asri,” kata Johny.

“Dirinya mengaku terinspirasi dengan yang telah dilakukan warga di Kampung Edukasi Sampah ini untuk diadopsi dan diterapkan pada lingkungan warganya,” jelas Johny.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network