KASAL Tunjuk Kolonel Laut (E) Mukhlis Pimpin STTAL

Ali Masduki
KASAL Laksamana TNI Yudho Margono pimpin sertijab Pangkotama TNI Angkatan Laut. (Foto: Bagpen STTAL)

SURABAYA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono, menunjuk Kolonel Laut (E) Mukhlis sebagai Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

Kolonel Laut (E) Mukhlis diberikan amanah untuk meneruskan tugas Laksamana Pertama TNI Avando Bastari yang saat ini menempati jabatan baru sebagai Askomlekal.

Prosesi pergantian dilaksanakan melalui prosesi serah terima jabatan (Sertijab) di Dermaga Sunda Komplek Satuan Kapal Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Senin (13/6/2022).

Laksamana TNI Yudho Margono menuturkan, ancaman dan gangguan keamanan aspek maritim akan selalu berubah dan berkembang seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga tugas TNI Angkatan Laut kedepan juga harus menyesuaikan.

"Hal ini menyadarkan kita semua apabila benturan kepentingan antar negara tidak dapat dikompromikan, maka perang adalah pilihannya," tuturnya.

"Menghadapi hal tersebut, jawabannya adalah membangun kemampuan dan kesiapsiagaan kita selaku komponen utama pertahanan negara," tegasnya.

Yudho menegaskan, bahwa Komando Armada adalah kekuatan inti Angkatan Laut. Sedangkan armada terpadu adalah sistem senjata. Oleh sebab itu, Komando Armada mengemban tugas, peran dan fungsi yang sangat penting, demikian halnya dengan Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

"Ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemenangan perang akan sangat dipengaruhi oleh penguasaan teknologi, disinilah peran STTAL sangat dibutuhkan," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, selain sertijab Komandan STTAL juga dilaksanakan sertijab Pangkotama TNI Angkatan Laut lain. Yakni Pangkoarmada RI dan Pangkoarmada II 

Pejabat Pangkoarmada RI yang baru diemban oleh Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, menggantikan Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan yang akan menempati  jabatan sebagai Pati Mabesal.

Kemudian Pangkoarmada II yang baru dijabat Laksamana Muda TNI T.S.N.B Hutabarat, menggantikan Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, yang selanjutnya menjabat sebagai Asrena Kasal.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network