get app
inews
Aa Read Next : Koalisi Perubahan Retak, Sekjen Partai Demokrat Sebut Anies Baswedan Berkhianat, Ada Apa?

Sambut Surya Paloh, NasDem Gelar Khitan Masal Gratis Bagi Warga Tak Mampu

Senin, 28 Februari 2022 | 19:14 WIB
header img
Partai NasDem menggelar khitanan massal untuk area Surabaya. Khitanan dilakukan untuk menyambut Surya Paloh yang akan datang ke Surabaya

SURABAYA, iNews.id- DPD Partai NasDem Surabaya terus berupaya mendekatkan diri ke masyarakat. Dalam peringatan Isra' Mi'raj sekaligus menyambut kedatangan Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, Surya Paloh ke Surabaya Partai Nasdem menggelar khitan masal gratis untuk anak-anak. 

Kegiatan sunatan masal berjalan pukul 08.00 WIB diikuti oleh sekitar 31 anak dari keluarga kurang mampu di Surabaya. Didampingi para orang tua, para anak-anak ini tampak antusias mengikuti jalannya proses khitanan. 

Ketua Panitia acara dr Iki Rahmat mengatakan, kegiatan sunatan masal sengaja dibarengkan dalam peringatan Isra' Mi'raj dan dalam rangka menyambut Ketua Umum Partai Nasdem. 

"Ada sekitar 31 anak. Jadi kebetulan Isra' Mi'raj dan kunjungan juga dari pak Ketua Umum (Surya Paloh)," ujar Ketua Panitia acara dr Iki Rahmat yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPD NasDem Surabaya saat ditemui di sela acara, Senin (28/2/2022).

Dalam kegiatan khitanan masal tersebut, Partai Nasdem juga menggandeng Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mayoritas peserta didominasi oleh umur 8 hingga 17 tahun.

"Jadi memang ini membantu masyarakat yang kurang mampu melakukan kegiatan sunatan masal ini. Jadi pesertanya kisaran umur 8 sampek 17 tahun," kata dr. Iki.

Menurutnya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Khususnya digelar saat momen-momen hari besar Islam yang lain. 

"Mudah-mudahan kita bisa setahun sekali, dan jika ada kesempatan kita tingkatkan lagi," tegasnya.

Perwakilan dari PB IDI dr Mariya Mubarika menjelaskan, kegiatan sunatan masal itu menggunakan metode 'cauter' atau sering disebut dengan lasser. sehingga luka akibat khitan lebih cepat sembuh dan hasil khitan lebih rapi. "Jadi tidak ada pendarahan, karena pembuluh darahnya itu langsung tertutup karena panasnya itu," ungkapnya.

Menurutnya, PB IDI sangat mendukung kegiatan yang bersifat pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan bersama Partai NasDem ini, IDI menggandeng tenaga medis dari dua rumah sakit yang berasal dari Unair dan Unbra. "Kami IDI memang secara profesional mendukung salah satu kegiatan pengabdian masyarakat. Dimana saja, dan dilakukan siapa saja. Ini dokter dari UNAIR lalu ada juga beberapa dari Brawijaya," katanya.

Sementara itu, Hendra Hermawan warga Wonokusumo, Semampir, Surabaya salah satu orang tua yang mendaftarkan putranya mengikuti sunatan masal itu mengucapkan terima kasih kepada Partai NasDem yang telah membantu mengkhitankan anaknya. "Terimakasih banyak untuk NasDem dalam kondisi sekarang ini diberikan fasilitas sunat gratis," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut