get app
inews
Aa Read Next : UPN Veteran Jawa Timur Dorong Urban Farming di Gunung Anyar, Solusi Ketahanan Pangan Kota Surabaya

Kerajaan Mataram Kewalahan Taklukan Surabaya

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:00 WIB
header img
Kerajaan Surabaya berdiri diperkirakan pada tahun 1365-an. (Foto: Arsip)

Surabaya merupakan salah satu kerajaan yang memiliki pengaruh paling kuat diantara kerajaan-kerajaan pantai lainnya. 

Dalam buku berjudul Sejarah Indonesia Modern 1200-1800, Prof. Merle Calvin Ricklefs, menyebutkan bahwa Kalimantan dan Sukadana termasuk dalam wilayah kekuasaan Surabaya. 

Kitab sejarah juga menyebutkan bahwa pengaruhnya meliputi Jawa maupun luar Jawa. Yaitu Bawean, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi bagian tengah hingga selatan dan sebagian Kepulauan Maluku bagian selatan.

Merujuk kitab karangan Surakarta, Ki Padmosusastro, pada tahun 1902 menyebutkan juga bahwa Kerajaan Surabaya telah ada sebelum Mataram Islam berdiri sebelum tahun 1570-an. Kerajaan Surabaya berdiri diperkirakan pada tahun 1365-an. 

Raja-raja Surabaya sebelum abad ke-17 tidak diketahui karena masih jarang sejarah sastra tulis di daerah pesisir pantai. Sedangkan pada abad ke-17 sendiri Kerajaan Surabaya dipimpin oleh Jayalengkara yang berhasil menahan dua periode penguasa Mataram.

Raja Mataram Pertama saat itu, Panembahan Senopati ingin menyatukan tanah Jawa dalam kekuasaan Mataram sehingga harus menaklukkan daerah-daerah yang belum dikuasainya dan salah satu daerah tersebut adalah Surabaya. 

Namun demikian Surabaya juga ingin menguasai Jawa Timur dan Jawa Tengah sehingga kedua kerajaan ini saling melakukan ekspansi untuk menancapkan kekuasaannya di tanah jawa.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut